Redaksi “Biskuit Kacang Hijau Jurusan PKK” oleh Suara Merdeka

Unnes Luncurkan Biskuit Kacang Hijau

sm

SEMARANG, suaramerdeka.com – Program Studi (Prodi) Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Semarang (Unnes) meluncurkan biskuit kacang hijau yang dibuat dari gabungan tiga tepung. Yakni tepung kacang hijau, beras, dan maizena.

Biskuit kacang hijau ini dibuat menindaklanjuti Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti. Bantuan ini diberikan dosen Unnes, salah satunya PKM yang diketuai Ir Siti Fathonah MKes.

”Pembuatan biskuit kacang hijau ini untuk mendukung program kemitraan masyarakat. Di mana, kami kerja sama dengan mitra binaan Unnes, bapak Suwandi yang memasok tepung kacang hijau sebagai bahan bakunya,” kata Siti kepada suaramerdeka.com di kantornya, Rabu (5/9).

Tepung kacang hijau diaplikasikan sebagai bahan baku biskuit. Dari hasil olahannya, biskuit itu telah dapat diterima masyarakat karena kandungan protein, zat besi, dan seratnya tinggi. Hal itu jauh berbeda dibandikan tepung terigu.

Menurut dia, biskuit itu yang membuatnya mahasiswa Unnes prodi Pendidikan Tata Boga. Kue itu dibuat menjadi dua jenis, yakni rasa manis dan asin. Dalam pembuatannya, yang membedakan ialah komposisi tepungnya.

”Yang manis itu 60 persen tepung kacang hijau, 20 persen tepung beras, dan 20 persen maizena. Yang asin, 60 persen tepung kacang hijau, 30 persen beras, dan 10 persen maizena, serta ditambah lagi dengan keju Edam,” jelasnya.

Siti menegaskan, biskuit ini sudah pernah dijual saat workshop internasional batik di Unnes dan 90 persen laku terjual. Di sisi lain, Dekan Fakultas Teknik, Unnes Dr Nur Qudus MT menjelaskan, biskuit itu akan menjadi unit usaha di universitasnya.

”Harapannya, unit usaha ini bisa memberikan kematangan terhadap mahasiswa saat hendak usaha sendiri. Dosen pun juga bisa mempelajari soal manajemen usahanya,” katanya.


(Royce Wijaya/CN39/SM Network)

Sumber : https://www.suaramerdeka.com/news/baca/122142/unnes-luncurkan-biskuit-kacang-hijau

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *